[ SETENGAH LIMA ]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BERANDA *
CIVIL * GIGS * ASTRONOMIA * CERITA * PHOTO BLOG
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Garis Nazca - Misteri Alien yang Tersembunyi

Saturday, August 1, 2009

Di padang Nazca, Peru, ditemukan garis-garis berukuran raksasa. Garis-garis itu membetuk gambar yang sangat besar, karena saking besarnya gambar tersebut hanya bisa dilihat dari angkasa. Dan sampai sekarang pembuat garis-garis Nazca itu belum diketahui secara pasti.

Gambar Misterius

Garis-garis Nazca atau Nazca Lines yang disebut juga geolyph. Geolyph adalah gambar diatas tanah yang dibuat dengan menggunakan batu, kerikil, atau tanah.
Garis-garis Nazca membentang di kawasan Pampa, provinsi Nazca Peru. Garis-garis itu membentuk dalam berbagai gambar yang berukuran raksasa. Gambar-gambar tersebut ada yang berbentuk seperti landasan pesawat terbang, burung, monyet, laba-laba, anjing, dll.
Dari hasil penelitian, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Nazca Lines dibuat sekitar 2000 tahun yang lalu, jadi usia garis-garis ini sudah sangat tua.

Pelukis Misterius

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti siapa pelukis garis-garis Nazca ini. Banyak yang brpendapat bahwa sang pelukis garis ini adalah Alien atau makhluk luar angkasa. Untuk melukis gambar yang berukuran raksasa seperti ini diperlukan teknologi tinggi, karena pelukisnya harus dapat melihat lukisannya dari udara agar dapat melukis dengan tepat. Sementara teknologi pada masa itu masih sangat sederhana.
Lain lagi dengan pendapat para Arkeolog, mereka berpendapat bahwa Nazca Lines dibuat oleh suku Cahuachi. Suku Cahuachi adalah suku Indian kuno yang tinggal tidak jauh dari wilayah Nazca. Karena dalam sebuah penelitian direruntuhan kota Cahuachi, ditemukan monumen yang menggambarkan keadaan Nazca lines pada masa silam.

Tujuan Misterius

Para ilmuwan belum dapat memastikan tujuan dari pembuatan Nazca Lines. Sebagian orang berpendapat bahwa Nazca Lines dibuat untuk upacara keagamaan suku Indian kuno. Gambar-gambar tersebut dipersembahkan untuk dewa-dewi mereka yang berada di langit, oleh karena itu mereka membuat gambar yang sangat besar agar gambar itu bisa dilihat dari langit tempat tinggal para dewa-dewi mereka.
Sebagian orang juga berpendapat bahwa Nazca Lines dibuat untuk sistem pengairan atau irigasi. Sebab setiap gambar itu selalu berawal dari sebuah sumber air. Gambar-gambar tersebut dibuat dalam ukuran besar karena ladang pertanian yang harus dialiri air cukup luas.

Pembuatan yang Misterius

Garis-garis Nazca yang super besar ini digambar dengan tepat. Garis-garisnya tidak melenceng atau berkelok-kelok. Padahal untuk membuat gambar yang besar dan panjang dengan rapi tentu sangat sulit. Kecuali kalau dibuat dari ketinggian, sementara suku Indian kuno saat itu belum mengenal teknologi yang modern.
Hal ini banyak yang menduga saat itu suku Indian Kuno menggunakan balon udara untuk membuat garis-garis itu. Tetapi dugaan ini dibantah oleh para ahli yang lain. Mereka berpendapat bahwa garis-garis itu bisa dibuat dengan cara sederhana, yaitu dengan menggunakan dua tongkat kayu yang disejajarkan, lalu ada tongkat ketiga yang digunakan untuk meluruskan garis tersebut.
Nazca Lines juga diberi perlindungan khusus oleh para pembuatnya, yaitu dengan memberi lapisan kerikil kecil dan platina disetiap pinggiran garis. Dengan demkian garis-garis tersebut bisa terjaga keawetannya hingga ribuan tahun.
Share this article on :

0 celathu:

Post a Comment

Komentar di blog ini dibuat tanpa captcha untuk memudahkan Anda dalam berkomentar...

 
© Copyright 2010-2011 Setengah Lima All Rights Reserved.
Template Design by Amar Ma'rruf | Published by Google | Powered by Blogger.com.
Pengagum Ahmad Tohari, Pramoedya A.T., dan S. Djoko Damono