[ SETENGAH LIMA ]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BERANDA *
CIVIL * GIGS * ASTRONOMIA * CERITA * PHOTO BLOG
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SWITCHFOOT, PARAMORE & AKG...

Tuesday, December 21, 2010

Ga tau kenapa nih udah lama banget gue ga nulis di blog ini lagi. Ga tau juga kenapa, belakangan ini tangan kerasa gatel pengen nulis sesuatu yang ringan untuk dicurahkan kekalian para blogger Indonesia. Ok, let’s get our topics... kali ini gue pengen kasih tau kalian tentang selera gue tentang musik. Sebenarnya gue punya banyak banget list orang-orang atau band-band yang gue anggap sebagai idola gue. Tunggu sebentar, kayanya ada yang aneh sama bahasanya ya... hahaha. Biar lebih enakkan kita pake kata “aku” sebagai pengganti kata “gue” ya... HAHA...

Ga perlu basa-basi lagi, kita mulai pembicaraan kita mengenai band yang aku anggap sebagai INSPIRASI dalam hidup ku...

SWITCHFOOT

Nah, ini dia band yang paling aku sukai sekarang ini. Lewat band ini aku jadi hanyut terbawa aliran Alternatve Rock yang memang sedang merajai negara2 barat sejak era 90 an. Dari Switchfoot ini pula, aku kenal apa yang namanya keindahan dan bangamana cara yang baik mengolah sebuah lagu beirama Rock menjadi enak didengar alias easy listening.

Awal mula perkenalan dengan Switchfoot terjadi ketika aku berada di sebuah studio musik di kota ku (awal taun 2010). Pada waktu itu penjaga studio tersebut memberitahu ku mengenai band-band yang dia suka. Dia beritahu melalui videoklip Meant to live ama This is Home. Pertama kali denger dan liat... wow gila... lagunyanya asyik banget. Bagi Alternative Rock, setiap lagu memiliki ciri khas melodi tersendiri, dan yang paing aku sukai, melodi masuk di setiap bagian lagu, jadi tidak ada guitar solo. Maksudnya gini, coba kalian mainin Meant to Live cuma pake kunci biasa... kalian ga bisa dapet soul dari lagu itu kan??? Sekarang coba maini lagunya ST-12 cuma pake kunci... kalian bisa nikmati kan!!! Itu yang namanya teknik pembuatan lagu yang ga sembarangan asal GENJRENG.

Band ini didirikan sama Foreman bersaudara. Dari kelima personilnya yang paling aku kagumi vokalisnya... selain jago nyanyi, sebagian besar lagu hits band ini juga ditulis i Jon. Oh ya, perlu kalian ketahui, sebagian besar lagu Swithfoot bercerita mengenai kehidupan Yesus Cristus (GOSPEL), walaupun gitu di lagunya dia ga secara langsung melakukan pemujian ke Tuhannya, tapi secara tersirat gitu deh, jadi mau Islam, yahudi dll bisa nikmati lagu-lagunya.

Masih kenal d’Masiv??? Band ini juga njiplak melodi dari beberapa lagu Switchfoot lho. Coba kalian dengerin Awakning, ama Head Over Heals... so miripkan???

Satu lagi yang paliang aku suka dari band ini, dalam setiap videoklip maupun penampilannya vokalisnya kerap kali bawa guitar and ga banyak cincong alias cool.. bukannya membenci ama vokalis yang banyak gaya ya...tapi kalau kita liat vokalis yang gayanya alay (maksudnya disini, terlalu memperhatikan penampilan dan gayanya dibuat-buat) keliatan kaya METROSEKSUAL... sebagai contoh : vokalisnya UNGU, 5 minutes, dan masih banyak lagi... untuk aku vokalis Cuma perlu nyanyi, dan jangan kebanyakan polah, tapi kalo polahnya tadi itu ga buat jadi wagu (contoh : vokalis changcuter ama nidji), its okay...

PARAMORE
Kalo yang ini, pertama kenal dari temen ku yang namanya Nanda Putri. Pertama kali denger lagu yang That’s what you gets. Berbeda sama Switchfoot kebanyakan lagu Paramore bertemakan tekanan dan beban yang besar, ada juga yang percintaan, tapi tetep ga MENYE-MENYE kaya d’Nasib.

Banyak hal yang bisa di pelajari dari band ini, aksi panggung, cara main melodi, cara ambil nada tinggi, dan masih banyak lagi. Yang paling aku suka dari band ini yaitu gaya para personilnya. Biarpun vokalnya cewe, tapi tetep bisa jaga nuansa rock nya. Dengan dandanan yang biasa aja di tiap panggungnya, para personil tetep keliatan keren-keren. Selain itu, permainan rytem dari dua guitarisnya juga memukau banget... yang buat aku lebih kagum , vokalisnya si Hayley selain nyanyi biasanya juga mainin piano...

ASIAN KUNG FU GENERATION

Nah kalo ini juaranya band Asia deh... kalo kalia suka film kartun Jepang kaya Naruto ataupun Bleach, kalian pastinya pernah dengerin lagunya band Jepang ini.

Pertama tau dari temenku yang namanya Muhammad Ibnu Mulia. Kaya perkenalanku sama band-band diatas lainnya, aku pertama tau band ini lewat Videoklipnya. Yang aku suka dari band ini lagunya easy listening banget, trus vokalisnya kalem. Berbeda sama band-band barat, AKG jarang pake distorsi yang penuh atau berat, mereka lebih menonjolkan melodi penuh (hampir sama kaya bnd-band Indo, tapi AKG melodinya penuh... Kalo Indo cuma ada di part dari lagu). Itu faktor teknis yang aku suka dari AKG, kalo yang non teknis aku suka dari vokalisnya... dia pake kaca mata... aku baru pertama kali liat vokalis aliran rock pake kaca mata.

Jadi merekalah yang mengilhami aku untuk terus mempertahankan hobiku di dunia musik, dan lagu-lagu mereka yang selalu aku dengarkan setiap hari. Pada suatu hari nanti aku bercita-cita bisa melebihi kehebatan mereka... setidaknya kini aku sudah merintisnya dengan mulai mempelajari bagaimana cara menciptakan lagu dengan irama rytem alternative rock-nya Switchfoot, syair dan lirik dengan ciri khas AKG dan gaya serta irama ketukan seperti Paramore...

LAGU-LAGU FAVORIT :
• Meant to live (switchfoot)
• Awakening (SwitchfooT)
• 24 (switchfoot)
• Yesterdays (switchfoot)
• Thats what you get (paramore)
• When it rains (paramore)
• Decode(paramore)
• Brck by borig brick(paramore)
• Born for this(paramore)
• Playing god(paramore)
• The only excepted (paramore)
• After dark (AKG)
• Kimino machi made (AKG)
• Rewrite (AKG)
• Mustang (AKG)
• Arumachi no ginkou (AKG)
• Haruka kanata (AKG)

NOTES : saya suka semua lagu band diatas... untuk daftar yang saya beri hanyalah lagu yang sering saya putar...

Share this article on :

0 celathu:

Post a Comment

Komentar di blog ini dibuat tanpa captcha untuk memudahkan Anda dalam berkomentar...

 
© Copyright 2010-2011 Setengah Lima All Rights Reserved.
Template Design by Amar Ma'rruf | Published by Google | Powered by Blogger.com.
Pengagum Ahmad Tohari, Pramoedya A.T., dan S. Djoko Damono