[ SETENGAH LIMA ]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BERANDA *
CIVIL * GIGS * ASTRONOMIA * CERITA * PHOTO BLOG
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Quran Terkecil di Dunia atau Stambul

Saturday, February 12, 2011

Didunia ini ada banyak hal (benda) yang pastinya memiliki rahasia di balik keberadaannya. Setiap keberadaan benda pasti ada fungsinya bukan? Lalu semua benda yang ada di dunia pasti ada yang menciptakan bukan? Kita ambil misal kalian jawab pertanyaan diatas dengan jawaban memuaskan menurut saya yaitu “ya”.

Langsung saja deh, kita lanjut ke inti persoalannya. Seperti yang kalian liat pada gambar di atas, itu adalah gambar Al-Quaran Mini atau orang sering memanggilnya dengan sebutan Stambul. Sudah 1 minggu sebelum saya menulis artikel ini, saya selalu mencari tau tentang Al-Quran Mini ini tapi jawaban yang saya inginkan tidak terlalu memuaskan. Kebanyakan dari artikel yang saya buka malah beriklan ingin menjual Stambulnya.

Kenapa saya ingin tahu tentang Stambul ini, karena kebetulan saya punya satu dirumah yang merupakan turun temurun dari kakek saya yang notabene merupakan seorang tentara jaman Belanda dan Jepang. Apakah ini memang perkakas (baca:jimat) tentara Indonesia pada waktu itu? Sampai sekarang benda ini masih disimpan di tempatnya dengan aman di dalam sebuah kantong kain berwarna coklat kusam (saya yakin warna kantongnya putih pada awalnya) bersama benda peninggalan lainnya dari keluarga saya. Sebagai catatan saja kakek saya meninggal sekitar tahun 1965 pada kecelakaan kereta api atau satu tahun setelah ayah saya lahir, jadi benda ini sempat disimpan Nenek saya sebelum diserahkan ke Ayah saya.

Secara garis besar ada 5 pertanyaan yang ingin saya ajuakan :

1. Apa itu Stambul dan apa fungsinya (Stambul tidak bisa dibaca karena tulisannya terlalu kecil)
2. Asalnya darimana dan kira-kira darimana Kakek saya mendapatkannya?
3. Kira-kira bagaimana cara membuatnya?
4. Apakah sekarang masih ada pembuat Stambul?
5. Ada berapa jumlahnya di dunia saat ini?

Anda bertanya pada saya, mengapa saya tidak tanya pada Ayah saya ataupun Nenek saya? Yang jelas Ayah saya tidak tahu menahu masalah ini, sedangkan Nenek saya sepertinya juga tidak tahu (kebetulan saya belum pernah tanya, sekarang dia sudah meninggal).


Saya harap teman-teman disini bisa menjawab pertanyaan saya. Sebenarnya saya agak malas untuk menulis tentang diri saya sendiri di blog ini, tapi saya sangat penasaran tentang masalah ini. Pernah saya tulis masalah ini di Yahoo Answer dan beberapa forum tapi malah cuma tawaran pembelian yang banyak muncul sedangkan yang lainnya hanya sampah.

Terimakasih sudah membaca dan menjawab masalah ini.

Share this article on :

18 celathu:

sang pemimpi said...

amar numpang promosi ya............
ni blog baru saya, kawan pemburu alien silahkan buka link ini
http://aristyapanggiwijaya.blogspot.com
tolong beri tanggapan kalian

ginanjar said...

Stambul (Alqur'an kecil), namanya saja Alqur'an, ya merupakan pedoman hidup manusia yang juga merupakan mu'jizat Rasulullah SAW, untuk pertanyaan nomor 2 sampai terakhir silahkan anda cari tahu sendiri saja, yang pasti Alqur'an itu bukan jimat, itu adalah kitab suci umat islam yang harus dibaca, difahami makna n tafsirnya dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari2, agar bisa meraih bahagia dunia dan akhirat, amiin. Namun juga saya juga bingung tentang cara membacanya?? apa cukup jelas? atau mungkin Stambul dibuat karena faktor situasi dan kondisi yang akhirnya mengharuskannya agar lebih praktis, WaAllahu A'lam.

Anonymous said...

semua jumlah ada 13 cuy
itu namanya hampir seperti KITAB KUNING, itu yang dipoto bohongan MAAF YA tapi kalo yang asli ditulisan terssebut ada beberapa kalimat ( kalo dibacakan ) kitab tersebut akan berubah dengan kehendakmu ( kamu ke PESANTREN terkenal ajj (bukan modern) ... )
KEKAKE KAMU SURUH MUTIH DAN ISTIQOROH KALO PENGEN BISA.

jaman sekarang ORANG ORANG sudah melupakan FILOSOFI TERSEBUT.
(tidak percaya walaupun sudah mendarah daging)

Anonymous said...

alqur'an yang kecil( stambul) walaupun kecil bisa dibaca koq

asri lestaluhu said...

Fungsi drpada quran mini banyak
1. Anti api
2. Terlindung dari segala kejahatan dll..

SmuaInfo said...

kecil banget ya :)

www.tiyangmagelang.info said...

waah kebetulan saya belum pernah melihat..

Anonymous said...

kitab stambul asli ukurannya hanya 1/4 dari ukuran stambul foto diatas. Yg jelas karena umurnya sudah sangat tua, bahannya sudah pasti seperti peninggalan purbakala. Bahan kulit, ditulis dgn tinta emas. N.B: hanya org gila yang menjual kitab stambul asli. Harganya tidak dapat dinilai dgn uang.

muchtadi dani lesmana said...

Sy jg memiliki al-quran stambul (tinta hitam) & kitab stambul (tinta hitam) sepeninggalan dr ayah alm saya yang dulu nya seorg santri di pulau jawa yang masih keturunan raden kian santang & sdh sy simpan selama 22 tahun. Al-quran stambul mempunyai uk 2.5cm x 1.7cm x 9mm (dengan sampul kulit berwarna merah) berisikan ayat-ayat suci Al-Quran 30 juz & kitab stambul mempunyai uk 2.5cm x 1.5cm x 4mm (dengan sampul kulit berwarna merah) tidak berisikan ayat-ayat suci Al-Quran, alhamdulillah sampai saat ini kedua kitab tersebut masih utuh & tidak rusak & masih saya simpan sampe sekarang

Yansyah Syah said...

saya juga pinya stambul tinta hitam dngn sampul kulit nya warna merah, di beri sama seseorang yang tidak di kenal, sampai sekarang masih saya simpan. inti nya segala sesuatu itu hanya allh yang menghendaki.

Marjali Jali said...

kami punya stambul tinta emas mau dimaharkan..kalo bisa buyer yang dkat2 aja..lokasi kami bangka belitung
0852 6930 6382

Fasya Nidu said...

saya punya malah lebih kecil lagi mungkin ini yang paling kecil sedunia..

Pusaka Antisilet said...

Jika anda kebetulan memiliki atau mengetahui salah satu benda istimewa yang memiliki fungsi :
1. Anti silet, misalnya MD, BK, RB, dll.
2. Pring Petuk yang berfungsi sebagai Anti Panas.
( benda dipegan tangan sebelah kiri, tangan kanan meraba api, tapi tidak terasa panas )
3. DLL
Saya ada kenalan orang yang bisa memproses / mengkaryakan benda tersebut untuk mengasilkan uang yang halal. INGAT, Barang seperti itu tidak bisa diperjual belikan.
Silahkan Hub. 081216225656, Tulungagung, Jawa Timur.

Widy Kanciel said...

Tidak diperjual belikan. Tapi dimaharkan.

Leana Hasan said...

Saya pnya stambul BK,RB,PRING PETUK DLL hasil ritual dn warisan,, mau di hibahkan,, hp.087772822370 Nurhasan, BANTEN

Diana Suhayli Nurdin said...

Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi siapa tau disini ada yang sedang kesulitan masalah ekonomi, Senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha di bidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, saya stress dan hampir bunuh diri, akhirnya saya menaggung hutang ke pelanggan saya totalnya 750 juta, dulu demi makan sehari-hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan USTAD UJANG BUSTOMI hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama tiga hari saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghaib 3 Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari akhirnya 3 Milyar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, Maka dari itu setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi Ustad.ujang bustomi di 085215951837 situsnya http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya silahkan hubungi ustad.ujang bustomi pasti akan di bantu

nur cke said...

aq punya tinta emas tpi berbentuk gulungan

nur cke said...

aq punya tinta emas tpi berbentuk gulungan

Post a Comment

Komentar di blog ini dibuat tanpa captcha untuk memudahkan Anda dalam berkomentar...

 
© Copyright 2010-2011 Setengah Lima All Rights Reserved.
Template Design by Amar Ma'rruf | Published by Google | Powered by Blogger.com.
Pengagum Ahmad Tohari, Pramoedya A.T., dan S. Djoko Damono