[ SETENGAH LIMA ]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BERANDA *
CIVIL * GIGS * ASTRONOMIA * CERITA * PHOTO BLOG
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Differences Between Redfoot and Yellowfoot Tortoise

Saturday, May 10, 2014


Dari ki-ka = kura daun, pipi putih, Redfoot (depan tengah), dan Chinemys 
ravensii. Foto diambil 1 hari setelah letusan Kelud, Feb 2014.
Redfoot atau Geochelone carbonaria memiliki saudara sepupu yang cukup identik yaitu Yellowfoot atau Geochelone denticula. Dibutuhkan kombinasi perbedaan untuk mengidentifikasi mereka dengan benar. Karena walupun  bernama redfoot dan yellowfoot, namun terkadang warna kaki mereka saling tertukar, jadi memang sangat sukar untuk mengidentifikasi mereka. Oh ya, perbedaan yang saya tunjukan disini hanyalah perbedaan yang kasat mata, sehingga bisa dikatakan kurang akurat. Untuk lebih akurat memang harus lewat tes DNA. Tapi cara ini cukup lumayan lah buat Anda yang ingin menghindari seller nakal.

Perbedaan :

Penyebaran G. denticulata adalah sebagai berikut: selatan Kolombia , Venezuela, Pulau Trinidad, Guyana, Suriname, Guyana Prancis, Peru dan Brazil, dan tidak ditemukan di Paraguay. G. carbonaria memiliki penyebaran yang sama, tapi juga meliputi seluruh Kolombia, bagian barat Peru dan ditemukan di Paraguay.

G. denticulata, merupakan spesies yang lebih jarang ditemui sebagai hewan kesayangan. Ukurannya lebih besar ketimbang G. carbonaria. Beberapa spesimen kadang-kadang mencapai panjang hampir 65 cm (rata-rata G. Carbonaria 47,5 cm) . Karapasnya, baik muda maupun dewasa berwarna coklat muda seragam dengan pusat kuning-kecoklatan di setiap scute. Pada scute yellowfoot muda, kita dapat melihat beberapa alur pertumbuhan di karapas, tetapi pada spesimen yang lebih besar, alur tersebut susah kita jumpai. Berbeda dengan hal tersebut, alur pertumbuhan adalah karakteristik yang sangat dominan dari G. Carbonaria baik saat muda maupun dewasa.

Pada spesimen dewasa G. carbonaria, dapat kita amati bahwa karapasnya akan menjorok sedikit di pertengahan tubuh bila dilihat bagian punggung, sehingga memberikan sedikit bentuk jam pasir.

Gambaran perbedaan :

 
Tampak karapas Male. Pada redfoot (kiri) berbentuk jam pasir, sedangkan pada yellowfoot tidak berbentuk jam pasir
.
Tampak plastron Male. Perhatikan perbedaan bentuk plastron di anal pada Redfoot (kiri) dan yellowfoot (kanan)

      
Tampak karapas Female. Perhatikan perbedaan bentuk karapas pada Redfoot (kiri) dan yellowfoot (kanan), no hourglass shape

Tampak plastron Female. Perhatikan perbedaan bentuk plastron di anal pada Redfoot (kiri) dan yellowfoot (kanan) 

Nah, ini ciri-ciri yang paling mudah kita bedakan. Lihat bentuk kuning diatas keduanya. Redfoot (kiri) dan yellowfoot (kanan) 



Nah, bagaimana? Setidaknya Anda sudah ada pegangan sekarang untuk membedakan Red dan Yellowfoot, sehingga tidak bisa ditipu oleh seller nakal. Terimakasih sudah membaca, mohon koreksi bila ada kesalahan maupun tambahan. 

BONUS MY REDFOOT PHOTOS :

Namanya Marisha Sarasvati... hahaha... dia betina ...


Sumber 1
Share this article on :

2 celathu:

senyumperawat.com said...

pasti mahal ya kura-kuranya

M.A. Sukamoco said...

mahal itu relatif... bayangkan seekor peliharaan yg bertahan berpuluh tahun, dan bisa diwariskan ke anak cucu... ahahaha

Post a Comment

Komentar di blog ini dibuat tanpa captcha untuk memudahkan Anda dalam berkomentar...

 
© Copyright 2010-2011 Setengah Lima All Rights Reserved.
Template Design by Amar Ma'rruf | Published by Google | Powered by Blogger.com.
Pengagum Ahmad Tohari, Pramoedya A.T., dan S. Djoko Damono