[ SETENGAH LIMA ]

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BERANDA *
CIVIL * GIGS * ASTRONOMIA * CERITA * PHOTO BLOG
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ben Howard - Persepsi Suara

Saturday, February 21, 2015


Howard and his guitar
Kembali kita akan bicara soal persepsi suara. Tentang seorang penyanyi sekaligus penulis lagu dengan nama lengkap Benjamin John Howard, atau biasa dipanggil Ben Howard. 

Pria kelahiran Inggris ini memulai karir bermusiknya melalui EP Games in the Dark (2008). Kemudian diikuti dengan beberapa EP lainnya. Pada tahun 2011 dia mengeluarkan Album perdananya yang merupakan rangkuman dari EP terdahulu bertajub Every Kingdom. Dalam penggarapan Every Kingdom, Howard bekerja sama dengan India Bourne dan Chris Bond. Bourne memainkan cello, keyboards, ukulele, bass dan vokal sedangkan Bond bermain guitars, bass, double bass, drums, percussion, keyboards, accordion, serta bertugas sebagai produser rekaman.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai musik dari Daugter. Nah menurut saya Ben Howard di album perdananya ini, memiliki citarasa/jenis musik yang sama dengan Daugter. Contohnya di lagu Promise dan Black Flies. Beberapa lagu yang lain juga senada namun dibungkus dengan beat yang lebih cepat. Btw, udah nonton film If I Stay ??? Nah, lagu Promise jadi salah satu soundtracknya lho... Lihat video di bawah sebagai teaser untuk menikmati Promise nya Howard...


Lebih dari pada Daugter, saya juga teringat musikalitas Junip apabila mendengar lagu-lagu dari Ben Howard. Terutama di lagu Keep Your Head Up maupun Only Love. Semacam folk Ireland yang cocok untuk sountrack film saat scene perjalanan di lembah yang dihiasi padang rumput di kanan kirinya... wooo... overall Howard tetap Howard dan berbeda dengan musisi yang lainnya.     
  
 Berlanjut kepada perjalanan karir Howard. Setelah sukses pada album perdananya, dia menelurkan album kedua tahun September 2014 lalu yang bertajub I Forget Where We Were yang diambil dari salah satu judul lagu di album tersebut. Pertama kali saya melihat videoklip I Forget Where We Were, saya cuma bisa bilang ‘Wow’. Saya nggak begitu ngerti siapa yang men-direct video itu, tapi menurut persepsi saya, videoklip ini cocok bersanding dengan videoklip karya Sofia Cappola di lagu Chloroform nya Phoenix. 

Berbeda dari album perdananya, di album kedua ini Howard bereksperimen dengan effect guitar. Terdengar lebih soft dan easy listening. Dan lagu favorit saya di album ini adalah Conrad dan tentunya I Forget Where We Were.


Download Ben Howard - I Forget Where We Were 

pass : pemburualien.blogspot.com
Share this article on :

0 celathu:

Post a Comment

Komentar di blog ini dibuat tanpa captcha untuk memudahkan Anda dalam berkomentar...

 
© Copyright 2010-2011 Setengah Lima All Rights Reserved.
Template Design by Amar Ma'rruf | Published by Google | Powered by Blogger.com.
Pengagum Ahmad Tohari, Pramoedya A.T., dan S. Djoko Damono